Teknologi

Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar, Jangan Asal!

Laptop merupakan perangkat yang sangat penting di era digital saat ini. Tidak hanya para professional saja namun juga bagi para pelajar dan mahasiswa. Maka dari itu, penting untuk selalu mengetahui tips memilih laptop untuk pelajar agar tidak salah beli.

Saat ini sudah semakin banyak vendor laptop yang menyediakan berbagai produknya di pasaran Indonesia. Banyaknya varian dan spefikasi laptop yang dijual, akan membuat calon pengguna menjadi bingung dalam menentukan jenis laptop dan spesifikasi yang tepat untuk dibeli.

Memilih laptop sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, terutama dalam hal spesifikasi dan kebutuhan penggunaan. Pemilihan produk yang tepat akan membuat penggunaan laptop menjadi semakin maksimal.

Daftar Isi

5 Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Bagi Anda yang masih bingung saat ingin membeli laptop, berikut adalah beberapa tips memilih laptop untuk pelajar dan mahasiswa yang perlu dipertimbangkan.

1. Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar: Perhatikan Ukuran Dan Berat Laptop

tips memilih laptop untuk pelajar: perhatikan ukuran dan berat laptop

Salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan saat akan memilih laptop adalah berat dan ukurannya. Tips memilih laptop untuk pelajar ini akan sangat berguna agar Anda bisa mendapatkan laptop yang tepat sesuai kebutuhan penggunaan lebih lanjut.

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, tentunya Anda akan lebih sering membawa laptop ke mana saja. Terlebih jika Anda adalah tipe mahasiswa atau pelajar yang memiliki tingkat mobilitas tinggi di sekolah atau kampus.

Baca Juga: Cara Upgrade Laptop Menjadi Laptop Gaming

Agar tidak membuat Pundak menjadi pegal dan ukuran tas menggelembung, Anda bisa memilih laptop dengan ukuran dan berat yang lebih ringan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa saja memilih laptop dengan ukuran sekitar 14 inchi yang masih tergolong ringkas dan nyaman.

2. Spesifkasi Untuk Multitasking

laptop untuk multi-tasking pelajar

Tips berikutnya yang bisa dipertimbangkan untuk memilih laptop adalah spesifikasinya. Tips memilih laptop untuk pelajar yang selanjutnya adalah sudah mendukung spesifikasi untuk multi-tasking. Kegiatan multi-tasking bagi pelajar adalah hal yang sangat penting agar produktivitas tetap terus terjaga.

Jika Anda ingin mencari laptop dengan kemampuan multi-tasking yang handal, Intel Core 5 ataupun processor AMD Ryzen 5 merupakan pilihan tepat yang bisa dipertimbangkan. Sebab processor ini terbilang sudah sangat mencukupi untuk menunjang kebutuhan Anda dalam membuat tugas ataupun kegiatan-kegiatan lainnya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Performa Laptop Untuk Bermain Game

Selain jenis processor, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran RAM dan kapasitas penyimpanannya. Untuk hasil kerja yang lebih optimal, disarankan untuk memilih laptop dengan minimal kapasitas RAM 8 GB dan minimal ukuran penyimpanan adalah 256 GB tipe SSD.

Untuk hardisk tipe SSD, ukuran 256 adalah ukuran yang ideal untuk mahasiswa atau pelajar. Selain ukurannya yang tidak terlalu kecil, SSD 256 GB juga memiliki harga yang tidak terlalu tinggi dan terbilang masih cukup ramah dikantong para pelajar.

3. Sistem Operasi yang Sesuai

pilih sistem operasi yang sesuai kebutuhan

Tips memilih laptop untuk pelajar yang juga tidak kalah penting untuk dicermati adalah memperhatikan sistem operasinya. Pastikan jika Anda memilih sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan agar memudahkan dalam proses penggunaan laptop tersebut.

Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat setidaknya 3 jenis Sistem Operasi (OS) yang bisa digunakan. Ketiga pilihan OS tersebut adalah Windows, Mac, dan juga ChromeOS. Masing-masing sistem operasi tentunya menawarkan kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Baca Juga: Cara Download Game Di Laptop Windows 10

Sebagai pelajar atau mahasiswa, Anda bisa memilih laptop dengan sistem operasi berbasis Windows ataupun ChromeOS. Hal ini dikarenakan untuk kedua jenis OS tersebut memiliki harga yang relative cukup terjangkau bila dibandingkan dengan Mac.

Selain harganya yang terjangkau, laptop dengan sistem operasi Windows ataupun ChromeOS sudah sangat populer untuk para mahasiswa. Tapi jika Anda ingin menggunakan sistem OS yang gratis, maka Linux bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dipertimbangkan. Namun sistem OS ini akan lebih cocok digunakan oleh para pelajar yang memang berkecimpung dalam dunia ilmu computer atau pemrograman.

4. Kelengkapan Port Pada Laptop

jumlah dan kelengkapan port pada laptop

Tips memilih laptop untuk pelajar yang juga bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah mempertimbangkan kelengkapan port pada laptop. Mungkin banyak yang mengabaikan terkait keberadaan port pada laptop.

Namun hal ini sebenarnya menjadi hal penting yang tidak boleh dilewatkan saat ingin membeli laptop. Pastikan jika Anda memilih laptop dengan jumlah port yang sesuai. Tujuannya adalah agar lebih memudahkan Anda dalam mengatur konektivitas pada perangkat laptop tersebut.

Baca Juga: 7 Aksesoris Gaming di PC yang Harus Anda Miliki

Port laptop dapat digunakan untuk menghubungkannya dengan berbagai macam perangkat keras lain. Misalnya konsol game, kamera resolusi tinggi, kartu grafis eksternal, harddisk eksternal, dan lain sebagainya.

5. Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar: Kapasitas Baterai

tips memilih laptop untuk pelajar: pilih berdasarkan kapasitas baterai

Tips memilih laptop untuk pelajar yang bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah kapasitas baterainya. Sebagai seorang pelajar, tentunya akan banyak rangkaian tugas yang akan dikerjakan. Hal ini tentunya membutuhkan laptop dengan kapasitas daya baterai yang besar dan tahan lama.

Maka dari itu, pastikan jika Anda mempertimbangkan kapasitas daya baterai pada saat akan membeli laptop. Baterai yang awet dan tahan lama akan membuat Anda menjadi lebih nyaman karena laptop tidak cepat lowbat dan tidak harus sering-sering dilakukan pengisian daya.

Baca Juga: 10 Mouse Gaming Wireless Murah Berkualitas

Untuk bisa bekerja dengan optimal, biasanya disarankan untuk memilih laptop yang memiliki kapasitas daya baterai antara 8-10 jam. Durasi ini terbilang cukup panjang dan nantinya Anda bisa menyelesaikan tugas-tugas secara lebih efektif dan efisien tanpa perlu mengalami hambatan lowbat.

Akhir Kata

Memilih laptop yang tepat merupakan hal yang gampang-gampang susah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat Anda ingin membeli laptop untuk kebutuhan pelajar ataupun mahasiswa. Sebab laptop yang tepat akan membuat produktivitas menjadi lebih terjaga.

Secara umum ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan saat ingin membeli laptop. Mulai dari mempertimbangkan spesifikasi, harga, sistem OS, dan juga daya baterai yang dimiliki. Beberapa pertimbangan tersebut dibutuhkan agar Anda bisa mendapatkan laptop dengan kualitas terbaik dan sesuai kebutuhan penggunaan.

Itulah beberapa tips memilih laptop untuk pelajar dan mahasiswa yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan jika ingin membeli laptop untuk kebutuhan sekolah ataupun kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *