7 Cara Mengatasi Baterai Boros Saat Main Game Android

Baterai boros saat main game menjadi permasalahan yang relatif cukup umum dialami oleh banyak kalangan. Baterai yang menjadi cepat habis tentu bisa menganggu kenyamanan dalam bermain game baik itu secara online maupun secara offline pada perangkat Android yang Anda miliki.

Bagi  orang-orang yang gemar memainkan game Android, biasanya mereka bisa memainkan game selama 3-5 jam setiap harinya. Bahkan bisa juga lebih lama bila mereka mendapatkan keseruan dan pengalaman bermain yang menyenangkan.

Namun smartphone Android yang digunakan secara terus-menerus tentu saja bisa mengakibatkan perangkat tersebut menjadi lebih cepat mengalami kehabisan daya baterai. Maka dari itu, sangat penting bagi para pemain game untuk mengetahui cara menghemat baterai agar bisa lebih lama ketika digunakan untuk bermain game.

Cara Mengatasi Baterai Boros Saat Main Game Pada Perangkat Android

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menghemat baterai agar bisa lebih awet ketika digunakan untuk bermain game. Berikut ini adalah beberapa cara mudah dan praktis yang bisa Anda gunakan untuk menghemat konsumsi daya baterai pada saat bermain game di perangkat Android.

1. Hindari Baterai Boros Saat Main Game Dengan Menurunkan Kecerahan Ponsel

baterai boros layar terang

Jika diperhatikan, tidak sedikit orang yang lebih nyaman memainkan game dengan tingkat kecerahan layar ponsel yang cukup tinggi. Dengan adanya kecerahan layar yang cukup tinggi tentunya akan membuat game menjadi terlihat lebih jelas dan juga semakin seru untuk dimainkan.

Namun perlu Anda ingat bahwa layar dengan tingkat kecerahan yang tinggi juga cenderung membuat konsumsi daya baterai menjadi lebih besar dan membuat baterai ponsel Anda menjadi lebih boros.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba menurunkan kecerahan ponsel pada tingkat yang mencukupi. Cara ini bisa menjadi langkah yang cukup efektif untuk mengatasi baterai boros saat main game di perangkat Android.

Jika Anda menurunkan tingkat kecerahan layar, mungkin akan sedikit menurunkan tingkat kenyamanan Anda dalam memainkan game tersebut. Layar ponsel akan menjadi terlihat lebih gelap dan mungkin akan membuat Anda kurang leluasa dalam bermain game.

Ketika Anda memutuskan untuk menurunkan tingkat kecerahan ponsel untuk menghemat baterai saat bermain game online, ada baiknya jika Anda memainkan game tersebut di tempat yang memiliki pencahayaan cukup terang agar tidak mengganggu kenyamanan penglihatan Anda.

2. Mengaktifkan Mode Hemat Baterai Android

Pilihan lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan baterai boros saat digunakan untuk bermain game adalah dengan mengaktifkan mode hemat baterai pada perangkat Android yang Anda miliki.

Saat ini sudah cukup banyak jenis ponsel pintar yang mempunyai fitur penting berupa mode penghematan baterai sehingga menjadi lebih awet. Pada saat memainkan game, Anda bisa juga menyalakan mode hemat baterai pada ponsel Anda sehingga daya baterai pun menjadi lebih awet dan tahan lama.

Namun cara ini  juga sedikit memiliki efek samping yakni biasanya ponsel kurang bisa bekerja secara maksimal karena mode hemat baterai ini umumnya akan ‘mematikan’ atau mengurangi penggunaan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Meski demikian, jika Anda hanya menggunakannya untuk bermain game maka sebenarnya hal itu sudah mencukupi.

3. Mengatasi Baterai Boros Saat Main Game Dengan Mengatur Grafis Menjadi Low

Setiap pemain game di perangkat Android, umumnya akan menyukai bila game tersebut dimainkan pada kualitas tampilan grafis yang terbaik dan maksimal. Terlebih saat ini sudah banyak game-game online yang menawarkan kualitas grafis begitu real seperti PUBG Mobile, Free Fire, dan lain sebagainya.

Namun ketika Anda memainkan game dengan kualitas tampilan grafis yang terbaik maka hal ini akan membuat CPU dan RAM ponsel bekerja dengan lebih keras sehingga konsumsi daya baterai pun akan menjadi semakin maksimal dan optimal.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba melakukan pengaturan tampilan grafis ketika bermain game. Saat ini sudah banyak perangkat Android yang menyediakan pengaturan grafis seperti High, Medium, dan bahkan juga Low.

Bila Anda ingin memainkan game dengan baterai ponsel yang lebih awet maka menurunkan kualitas grafis menjadi medium ataupun low merupakan pilihan yang sangat tepat untuk Anda lakukan.

Menurunkan kualitas grafik bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi baterai yang boros pada saat digunakan untuk memainkan game. Selain itu cara ini juga berguna untuk membuat kinerja ponsel menjadi lebih ringan.

4. Mematikan Sound Saat Bermain Game

Bermain game tanpa ada efek sound tentunya akan mengurangi ke-nyaman-an Anda dalam memainkan game tersebut. Namun perlu Anda ketahui bahwa memainkan game dengan menyalakan efek sound akan bisa membuat konsumsi daya baterai menjadi semakin boros dan membuatnya menjadi lebih cepat habis.

Untuk mengatasi kondisi baterai boros saat main game, Anda bisa mematikan efek sound pada saat memainkan game tersebut atau bisa juga mengecilkan volume suara tersebut. Dengan demikian, bermain game pun akan tetap seru dan baterai ponsel pun tetap menjadi lebih awet.

Baca Juga : Cara Mempertahankan Rasio KD di PUBG Mobile

5. Memainkan Game Yang Sesuai Spesifikasi Perangkat

Mengatasi baterai boros

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghemat baterai ponsel agar bisa lebih hemat adalah dengan memainkan game yang sesuai spesifikasi perangkat yang Anda miliki. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa setiap game umumnya membutuhkan spesifikasi tertentu untuk bisa dimainkan dengan aman dan juga nyaman.

Beberapa game yang berat bahkan mensyaratkan penggunaan ponsel dengan kemampuan RAM, Processor, dan kapasitas penyimpanan yang cukup tinggi. Game-game yang berat dan membutuhkan spesifikasi tinggi ini umumnya akan membuat kinerjanya semakin berat dan membuat daya baterai menjadi lebih boros.

Maka dari itu, untuk membuat daya baterai menjadi semakin awet, Anda bisa memainkan game-game yang memang didesain sesuai dengan spesifikasi perangkat yang Anda miliki. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk memainkan game besar yang diluar spesifikasi perangkat ponsel Anda.

Memainkan game dengan spesifikasi yang melebihi perangkat Anda akan membuat ponsel tersebut bekerja secara lebih berat. Akibatnya ia akan mengonsumsi daya baterai secara lebih cepat dan membuat baterai yang Anda miliki menjadi semakin boros.

6. Menggunakan Bantuan Aplikasi Penghemat Baterai

Jika ponsel yang Anda miliki tidak menyediakan mode pengaturan hemat baterai, maka Anda bisa juga menggunakan bantuan aplikasi penghemat baterai yang dikembangkan oleh pihak ketiga.

Sebenarnya ada cukup banyak jenis aplikasi penghemat baterai yang bisa Anda temukan. Salah satu yang cukup populer dan banyak digunakan adalah Greenify yang dikembangkan oleh developer Oasis Feng.

Aplikasi Greenify ini sudah tersedia di Google Play Store dan sudah diunduh lebih dari 100 juta kali sehingga menjadikannya sebagai salah satu aplikasi yang sangat populer dan banyak digunakan oleh pengguna Android untuk menghemat baterai ponsel mereka.

Ketika Anda sudah menginstal aplikasi ini, terdapat berbagai mode penghemat daya bisa Anda gunakan dan nikmati. Anda bisa menyesuaikan settingan penghemat baterainya sendiri mulai dari ringan dan juga hardcore.

Dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai ini maka ponsel maka kinerja RAM juga akan menjadi semakin ringan sehingga ponsel Anda pun menjadi lebih cepat ketika digunakan untuk bermain game.

Baca Juga : Cara Menstabilkan Ping Game Online

7. Menonaktifkan Aplikasi Yang Berjalan Di Belakang Layar

Cara mengatasi baterai boros saat main game di Android yang cukup efektif berikutnya adalah dengan mematikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar. Tanpa Anda sadari, sebenarnya ada beberapa jenis aplikasi yang berjalan di belakang layar atau di background ponsel Anda.

Aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar ini tetap saja akan mengonsumsi daya baterai ponsel yang Anda miliki. Beberapa contoh aplikasi yang umumnya berjalan di belakang layar adalah Facebook, Email, Instagram, Google dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin lebih hemat baterai ketika memainkan game di ponsel Android, ada baiknya kalau mematikan terlebih dahulu aplikas-aplikasi yang berjalan di belakang layar tersebut agar bisa mengonsumsi baterai menjadi lebih hemat.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi baterai boros saat main game di perangkat Android. Kini berbekal dengan beberapa cara yang telah disampaikan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi apabila ingin bisa menghemat baterai ponsel ketika sedang bermain game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *