Pengertian Game Online Dan Sejarah Perkembangannya

Omahgame.com – Gadget telah menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk kalangan milenial. Mereka menggunakan gadget dengan berbagai tujuan mulai dari sarana produktivitas hingga hiburan. Salah satu jenis hiburan yang biasa diakses lewat gadget adalah game. Secara umum terdapat dua jenis game pada android yakni game offline dan online. Pada artikel kali ini, khusus akan diulas mengenai pengertian game online dan juga sejarah perkembangannya yang perlu Anda ketahui.

Selain media sosial dan aplikasi berkirim pesan, game menjadi salah satu aplikasi ‘wajib’ yang banyak dipasang pada berbagai macam jenis gawai dan smartphone. Tidak sedikit pengguna smartphone yang beranggapan bahwa game-game online yang tersedia di internet lebih bisa menawarkan keseruan karena dibekali dengan pola permainan dan juga rangkaian fitur yang lebih menarik bila dibandingkan dengan game offline.

Pengertian Dari Game Online

pengertian game online

Bagi generasi milenial yang sudah terlalu akrab dengan teknologi internet, tentu tidak akan kesulitan dalam menjelaskan mengenai pengertian dari game online. Akan tetapi, bagi sebagian orang yang tidak terlalu akrab dengan yang namanya teknologi apalagi internet, maka pengertian game online bisa menjadi sesuatu yang bias bagi mereka.

Menurut Andrew Rollings dan juga Ernest Adams, game online adalah sebuah teknologi, sebuah mekanisme yang digunakan untuk menghubungkan sejumlah pemain secara bersama-sama pada suatu pola permainan tertentu.

Apakah pengertian game online adalah serumit itu? Tentu tidak. Pada dasarnya, game online memiliki pengertian yang cukup sederhana hanya saja terkadang dibahasakan dengan menggunakan bahasa yang agak ‘tinggi’.

Game online adalah sejenis permainan yang biasa dimainkan pada suatu gawai seperti komputer, smartphone, tablet, maupun gawai lainnya yang membutuhkan koneksi internet untuk bisa memainkannya. Jadi kunci utama dalam penjelasan tentang game online adalah game-game yang untuk memainkannya membutuhkan jaringan atau koneksi internet baik yang bersumber dari wifi maupun paket data.

Game online banyak digemari karena menawarkan berbagai fitur yang terus diperbaharui secara berkala. Biasanya, para developer atau perusahaan game yang bersangkutan akan melakukan pembaharuan pada konten-konten game mereka seperti penambahan karakter, maps, level, ataupun konten lainnya dalam rangka untuk semakin membuat penggunanya menjadi semakin betah memainkan permainan yang bersangkutan.

Semakin populernya teknologi android dan juga smartphone, membuat semakin banyak pengembang atau perusahaa game yang mencoba meluncurkan game-game besutan mereka ke pasaran. Semakin banyaknya game online yang beredar ini tentu akan membuat persaingan pasar menjadi semakin ketat.

Game online atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan permainan daring bisa dimainkan secara gratis maupun berbayar. Untuk permainan-permainan yang berbayar, maka Anda diharuskan membeli terlebih dahulu di awal sebelum benar-benar bisa memainkan game yang bersangkutan tersebut.

Sementara itu, untuk game yang gratis bisa dimainkan tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Namun, meski bisa dimainkan secara gratis namun faktanya banyak game-game yang tidak sepenuhnya gratis. Anda akan menemukan iklan dalam game, maupun bundle-bundle pembelian seperti pembelian diamond, item, coin, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Deretan Game Online PC Gratis Yang Bisa Kamu Mainkan

Anda memang tidak diharuskan untuk membeli. Namun biasanya untuk game-game tipe ini maka pemain yang benar-benar mengandalkan freemium akan memiliki kesulitan untuk bersaing dengan player-player yang mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli bundle item yang ditawarkan dalam game tersebut.

Permainan online memiliki banyak jenis yang bisa dimainkan. Dan tentu masing-masing pengguna akan memiliki preferensi atau jenis kesukaan tersendiri. Anda dapat menemukan game-game online mulai dari jenis yang cukup sederhana hingga game-game dengan grafis yang kompleks dan membentuk sebuah dunia virtual sendiri dan ditempati oleh banyak player yang memainkan karakter di dalam game tersebut.

Pengertian game online memang bisa dikatakan sederhana. Namun pada dasarnya, proses dan pengembangan jenis permainan yang satu ini cukuplah kompleks dan juga melibatkan struktur bangunan aplikasi yang tidak sederhana.

Sejarah Perkembangan Game Online

game arcade dalam perkembangannya

Bagi Anda yang sering memainkan permainan online, pernahkah berpikir tentang sejarah perkembangan permainan online dari waktu ke waktu? Jika dicermati, permainan daring memiliki perkembangan yang cukup signifikan dari waktu ke waktu. Setelah sebelumnya dibahas mengenai pengertian game online, kini saatnya untuk sedikit banyak mengulas tentang sejarah dan perkembangan game online.

Pada awalnya, cikal bakal permainan daring ini dikembangkan bukan sebagai sarana untuk hiburan, melainkan untuk pendidikan. Permainan daring ini mulai dikembangkan sejak tahun 1969. Pada awalnya permainan ini dimainkan sebanyak dua orang dengan tujuan sebagai media untuk pendidikan dan pengajaran.

Memasuki dekade awal 1970-an, berhasil dikembangkan sebuah sistem yang memiliki kemampuan untuk time-sharing. Teknologi ini kemudian disebut sebagai Plato yang dikembangkan dengan tujuan agar beberapa siswa dapat mengakses perangkat komputer dalam waktu yang bersamaan sesuai dengan waktu yang diperlukan.

Kemudian pada tahun 1972, berhasil dikembangkan Plato IV yang memiliki kemampuan grafis baru yang menjadi sarana cikal-bakal pengembangan permainan untuk banyak pemain (multi-player).

Perkembangan permainan daring memiliki sejarah yang cukup panjang. Mulai awal dekade 1990-an merupakan masa-masa keemasan perkembangan game online. Game dengan basis RPG (Role Playing Game) menjadi salah satu yang cukup populer dikembangkan.

Pada awal 1993-an, perusahaan game seperti Sega, Nintendo, dan juga Atari telah berupaya untuk mengembangkan permainan daring secara lebih lanjut. Namun kendala utama yang mereka hadapi seperti akses internet yang masih cukup mahal dan juga kecepatan yang kurang stabil menjadi hambatan yang cukup signifikan pada proses ini.

Pada akhir tahun 1994, game dengan genre FPS (First Person Shooter) dengan nama Marathon mulai diluncurkan diperangkat Macintosh. Pada tahun yang sama, Avalon MUD juga diluncurkan dan menjadi layanan berbayar pertama dalam dunia game online. Avalon MUD sendiri merupakan game yang mengambil genre multi-player RPG.

Game-game yang mengusung tema RPG memang cukup booming pada tahun 1990-an. Pada tahun 1994 ini juga, Warcraft mulai dikembangkan  dan sampai kini menjadi salah satu franchises game online terbesar di Dunia.

Selama periode 1996 hingga 1998, terdapat dua game online yang cukup penting telah diluncurkan. Kedua game tersebut adalah Kingdom of the Winds dan juga Quake. Game bernama Quake ini merupakan game FPS pertama yang mengusung mode multi-player.

Pada tahun 1997, game dengan tajuk Ultima Online juga diluncurkan ke pasaran. Satu tahun kemudian, pada tahun 1998 diluncurukan Starcraft dan juga Lineage. Hingga kini game Lineage masih menjadi salah satu game online yang memiliki cukup banyak pemain.

Memasuki dekade tahun 2000-an, perkembangan game online menjadi semakin pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi yang cepat, akses koneksi internet yang semakin mudah, telah menjadi pemantik bagi perkembangan game-game online yang dibesut oleh berbagai perusahaan game diberbagai belahan dunia.

Di Indonesia sendiri, game online mulai muncul dan berkembang sejak tahun 2001-an. Pada tahun ini, diluncurkan Nexia Online dengan genre RPG yang dikeluarkan oleh BolehGame. Permainan ini memiliki tampilan grafis 2D yang cukup sederhana. Game yang dikembangkan oleh perusahaan asal Korea Selatan ini cukup populer di awal kemunculannya.

nexia online permainan daring klasik

Permainan daring yang tidak membutuhkan spesifikasi komputer besar ini sayangnya tidak diperpanjang lisensi-nya. Dan kemudian pada tahun 2004 pun game ini tidak bisa lagi diakses dan dimainkan di server Indonesia.

Selain Nexia Online, muncul juga berbagai jenis permainan daring lainnya seperti Ragnarok Online (RO) pada tahun 2003, Redmoon pada tahun 2002, Laghaim pada awal tahun 2003, dan juga Gunbound pada tahun 2004.

Seiring dengan perkembangan teknologi android dan smartphone, kini semakin banyak bermunculan game-game online yang bisa diunduh secara gratis di Playstore maupun Apstore. Dengan bermodalkan akses internet yang semakin mudah dan juga terjangkau, membuat akses untuk memainkan permainan daring menjadi semakin terbuka.

Dan kini, permainan daring menjadi salah satu unsur yang nyaris tidak bisa dipisahkan bagi banyak kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun banyak yang memiliki kegemaran untuk memainkan permainan daring ini. Banyak orang yang menjadikan permainan daring sebagai sarana untuk melepas penat, stres, jenuh, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 7 Game Android Online Seru Bisa Main Bareng Temen

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai pengertian game online pada artikel kali ini. Secara sederhana, game online dapat diartikan sebagai salah satu jenis permainan yang membutuhkan koneksi atau akses internet untuk bisa memainkannya. Game online atau permainan daring ini menjadi salah satu media hiburan yang cukup banyak diakses dan dimainkan oleh sejumlah kalangan termasuk orang dewasa.

Permainan daring tidak serta-merta bisa hadir ke hadapan perangkat Anda. Ia telah mengalami sejarah perkembangan yang cukup panjang dari waktu ke waktu. Permainan daring terus tumbuh dan berkembang seiring dengan teknologi yang semakin maju dan juga akses internet yang semakin pesat dan mudah.

Jadi, apakah Anda termasuk orang-orang yang suka memainkan permainan daring? Jika Anda termasuk orang-orang yang gemar memainkan permainan daring, sebaiknya memainkannya di waktu yang tepat dan juga tempat yang tepat agar tidak menganggu produktivitas maupun kegiatan yang lainnya.

6 thoughts on “Pengertian Game Online Dan Sejarah Perkembangannya

  • July 18, 2020 at 11:51 am
    Permalink

    Menarik mmg klo bicara game online, seneng baget klo dlu jaman kos di jogja main nitendo, trus PS hahahaha…, tp awas lupa waktu…

    Reply
    • July 18, 2020 at 1:08 pm
      Permalink

      PES dan Nitendo kayaknya jadi game wajib dulu Gan 🙂
      Main wining eleven gak Gak? 😀

      Reply
  • July 18, 2020 at 5:42 pm
    Permalink

    Mantap gan info tentang game online baru tau nih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *