Cara Mengatasi Force Close Free Fire

Free Fire menjadi salah satu game battle royale terbaik yang bisa dimainkan pada smartphone dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi. Meski demikian, terkadang Anda bisa saja mengalami yang namanya force close atau keluar sendiri dari permainan ketika Anda sedang memainkan game yang sangat seru ini. Lalu bagaimanakah cara mengatasi force close free fire yang tepat dan efektif?

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa Free Fire merupakan salah satu game dengan tema battle royale yang memiliki cukup banyak penggemar. Ketika memainkan game ini, Anda haruslah menjadi yang terbaik dengan cara menghabisi setiap lawan-lawan Anda di permainan untuk mendapatkan yang namanya Booyah.

Jika Anda sering mengalami yang namanya force close ketika memainkan game Free Fire tentu upaya untuk mendapatkan Booyah pun akan terganggu. Guna menghindari permasalahan yang menjengkelkan ini, Anda perlu mencari tahu mengenai cara untuk mengatasi force close pada game Free Fire.

Beberapa Kemungkinan Penyebab Terjadinya Force Close Pada Game Free Fire

Sebelum membahas secara lebih lanjut mengenai cara mengatasi force close free fire, ada baiknya jika terlebih dahulu Anda perlu mengetahui beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan terjadinya force close pada game besutan Garena tersebut. Berikut adalah beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab terjadinya force close pada game free fire.

1. Spesifikasi Perangkat Yang Kurang Mumpuni

perangkat kurang mumpuni

Kalau Anda ingin memainkan game-game bertipe Battle Royale dengan kualitas terbaik, tentu membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang mumpuni. Pun begitu juga jika ingin memainkan game Free Fire. Ada baiknya kalau Anda menggunakan perangkat-perangkat yang mumpuni baik dari segi kapasitas RAM mapun penyimpanan agar Anda bisa bermain secara nyaman dan optimal.

Untuk menghindari terjadinya force close ketika memainkan game Free Fire, ada baiknya kalau Anda menghindari penggunaan smartphone yang terlalu rendah spesifikasinya. Perangkat dengan kapasitas RAM 1 GB ke bawah dan dengan processor jenis Quad-Core kurang begitu direkomendasikan untuk memainkan Free Fire. Pasalnya, hal ini akan membuat kinerja perangkat Anda menjadi ‘terpaksa’.

Baca Juga : Cermat Sebelum Membeli Playstation 5 Saat Launching

2. Memori Perangkat Anda Yang Penuh

Penyebab berikutnya yang mungkin saja membuat game Free Fire Anda mengalami force close adalah memori perangkat yang penuh. Game Free Fire membutuhkan kapasitas penyimpanan yang agak besar untuk instalasinya. Jika kapasitas perangkat yang Anda miliki cukup terbatas bahkan sudah cenderung penuh, tidak menutup kemungkinan akan membuat Anda sering mengalami force close ketika memainkan Free Fire.

Anda benar-benar perlu memastikan bahwa perangkat yang Anda miliki memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup lega. Terlebih game online sering melakukan update sehingga hal tersebut bisa semakin mengurangi kapasitas penyimpanan yang Anda miliki karena ukuran game cenderung menjadi semakin besar setelah adanya update atau pembaruan dari pengembang.

3. Koneksi Internet Yang Tidak Stabil

Koneksi internet yang kurang stabil juga bisa menjadi penyebab mengapa game free fire mengalami force close ketika dimainkan. Ketika memainkan game online, Anda perlu benar-benar memastikan bahwa koneksi internet atau ping internet Anda dalam kondisi yang stabil agar permainan menjadi semakin maksimal dan optimal. Cara membuat ping koneksi menjadi stabil sebenarnya cukup mudah.

4. Perangkat Anda Mengalami Overheat

Ketika perangkat yang Anda gunakan mengalami overheat (kondisi yang terlalu panas) maka akan membuat kinerjanya pun mengalami penurunan. Jika sudah demikian, bukan tidak mungkin akan membuat Anda sering mengalami force close ketika memainkan game Free Fire. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan tingkat panas perangkat Anda terlebih ketika digunakan untuk memainkan game-game besar dan berat.

5. Disebabkan Oleh Aplikasi Pihak Ketiga

cara mengatasi force close free fire yang mudah

Ketika bermain game online, tidak jarang para pemain menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Sebenarnya keberadaan aplikasi pihak ketiga ini cukup riskan. Selain bisa memberatkan kinerja perangkat Anda yang berakibat pada terjadinya force close, dampak lain yang bisa diakibatkan adalah akun Anda bisa saja di-banned jika aplikasi tersebut ilegal dan merugikan pihak pengembang.

Cara Mengatasi Force Close Free Fire Yang Bisa Anda Coba

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab terjadinya force close pada game Free Fire, kini saatnya Anda perlu mengetahui beberapa cara mengatasi force close free fire yang bisa dicoba pada perangkat Anda. Berikut adalah ulasan mengenai beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi game Free Fire yang tiba-tiba mengalami force close atau keluar sendiri.

1. Melakukan Restart Pada Smartphone Anda

restart perangkat untuk bermain game

Tips pertama yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengatasi terjadinya force close pada game Free Fire yang Anda mainkan adalah dengan melakukan restart pada perangkat Anda. terkadang, restart adalah cara yang cukup ampuh untuk menangani beberapa kendala yang terjadi pada smartphone Anda. Setelah melakukan restart, Anda bisa login kembali ke dalam game Free Fire Anda.

2. Gunakan Jaringan Koneksi Internet Yang Stabil

Cara mengatasi force close free fire yang bisa Anda coba berikutnya adalah dengan menggunakan koneksi internet yang stabil. Agar bisa memainkan game online dengan baik dan optimal, Anda membutuhkan koneksi internet yang cukup stabil yakni dengan ping yang kecil. Semakin kecil ping yang Anda miliki maka koneksinya pun semakin bagus sehingga nyaman digunakan untuk bermain game online.

Sebelum memutuskan untuk memainkan game Free Fire, ada baiknya jika Anda memeriksa terlebih dahulu koneksi atau ping yang Anda miliki. Ada baiknya kalau Anda menggunakan jaringan koneksi 4G yang stabil ataupun menggunakan Wifi jika memungkinkan. Pasalnya, jaringan internet dari Wifi cenderung lebih stabil.

3. Cara Mengatasi Force Close Free Fire Dengan Menghapus Cache

hapus cache untuk mengatasi force close

Disadari ataupn tidak, jika semakin lama Anda bermain game Free Fire maka akan semakin besar juga file cache yang tersimpan di perangkat Anda. Bahkan kapasitas cache yang terlalu besar juga bisa mengakibatkan perangkat Anda menjadi kekurangan kapasitas penyimpanan dan pada akhirnya akan membuatnya menjadi force close.

Maka dari itu, salah satu cara mengatasi force close free fire adalah dengan menghapus cache pada perangkat yang Anda miliki terlebih dahulu untuk membebaskan ruang kapasitas penyimpanan.Penghapusan cache ini bisa dilakukan melalui menu pengaturan atau setting pada perangkat smartphone yang Anda miliki.

Baca Juga : Inilah 5+ Game Raditya Dika Yang Seru Kamu Mainkan

4. Menghapus Data Pada Game Free Fire

Kalau Anda sudah menghapus cache namun game Free Fire yang Anda mainkan masih sering mengalami force close, maka alternatif berikutnya yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan menghapus data game free fire tersebut. Penghapusan data ini pun bisa juga dilakukan lewat menu pengaturan atau setting pada perangkat Anda.

Cara mengatasi force close free fire lewat hapus data ini pun cukup mudah. Silakan Anda masuk ke menu seting dan kemudian silakan pilih menu aplikasi. Jika sudah, silakan Anda pilih game Garena Free Fire dan kemudian silakan klik Hapus Data. Namun perlu diingat bahwa jika Anda sudah menghapus data maka Anda perlu mengunduh ulang data permainan game tersebut ketika login ke game Free Fire.

5. Cek Update Pada Game Free Fire Anda

Tips berikutnya yang tidak boleh diabaikan ketika Anda ingin mengatasi terjadinya force close pada game Free Fire Anda adalah dengan mengecek apakah terdapat pembaruan ataukah tidak. Perlu Anda ketahui, terkadang force close juga bisa terjadi akibat adanya bug pada game. Maka dari itu jangan ragu untuk melakukan pembaruan atau update jika update terbaru sudah tersedia untuk menghindari kemungkinan adanya bug dan lain sebagainya.

6. Instal Ulang Game Free Fire Anda

instal ulang game

Jika permasalahan force close Anda masih saja terjadi, tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan cara  yang satu ini. Cara mengatasi force close free fire yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah dengan melakukan install ulang game tersebut. Anda bisa menghapus atau un-install aplikasi Game Free Fire tersebut dari perangkat Anda kemudian melakukan instalasi kembali lewat Play Store maupun Apps Store sesuai perangkat Anda.

7. Lakukan Penghapusan Aplikasi Pihak Ketiga

Apabila Anda memasang aplikasi pihak ketiga yang berkaitan dengan game Free Fire, ada baiknya jika aplikasi tersebut dihapus atau uninstall saja. Pasalnya, force close yang terjadi pada game Free Fire bisa saja terjadi akibat dari penggunaan aplikasi tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda menghapus aplikasi pihak ketiga seperti GFX, Game Booster, File Config, dan lain sebagainya untuk menghindari kemungkinan terjadinya force close.

8. Ganti Perangkat Anda Dengan Spesifikasi Yang Lebih Mumpuni

ganti smartphone untuk mengatasi force close free fire

Cara mengatasi force close free fire yang bisa dipertimbangkan berikutnya adalah dengan mengganti perangkat yang Anda miliki dengan perangkat yang lebih mumpuni. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa untuk memainkan game-game berat dengan kualitas grafis yang cukup bagus biasanya diperlukan perangkat dengan spesfikasi yang mumpuni.

Maka dari itu, jika memang perangkat yang Anda miliki kurang mendukung untuk digunakan sebagai media bermain game online seperti Free Fire, ada baiknya kalau Anda melakukan upgrade ataupun menggantinya dengan hp yang memiliki spesifikasi lebih mumpuni dan sesuai dengan  yang dipersyaratkan oleh pihak pengembang.

Hal ini bertujuan agar Anda bisa memainkan game online dengan kapasitas besar secara lebih nyaman dan juga optimal. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan upgrade atau ganti perangkat, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah faktor dengan cermat dan teliti untuk menghindari terjadinya sejumlah kemungkinan buruk dimasa mendatang.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain adalah kondisi finansial, tingkat urgensi dari ganti perangkat tersebut, dan juga ada tidaknya kebutuhan lain yang lebih mendesak. Jangan sampai  Anda ganti hp hanya karena ingin memainkan game online dan menjadi tidak produktif. Selain itu, perhatikan juga kondisi finansial yang Anda miliki agar aliran cash flow yang Anda miliki tetap lancar dan tidak terganggu.

Baca Juga : 5 Game Android Mirip Fall Guys Yang Harus Kamu Coba

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara mengatasi force close free fire yang bisa Anda coba. Memang kendala berupa force close bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Kini, dengan beberapa cara yang telah dipaparkan di atas, semoga Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mencari cara untuk mengatasi force close pada game-game free fire yang Anda mainkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *