Steam Raih 120 Juta Pengguna Aktif Bulanan di 2020

Di tengah persaingan yang semakin pesat dan ketat diantara perusahaan game dalam memperebutkan pangsa pasar gaming, Steam tetap menjadi platform game PC terbesar di dunia. Klaim yang sangat fenomenal ini tidak terlepas dari jumlah pengguna aktif bulanan yang dimilikinya. Di tahun 2020 ini, Steam raih 120 juta pengguna aktif bulanan dan mengokohkan dirinya sebagai platform game PC yang cukup populer di kalangan para gamers.

Berdasarkan klaim data yang dipublikasikan oleh Steam Valve, rata-rata pengguna Steam menghabiskan waktu bermain 50% lebih banyak pada tahun 2020 ini. Selain adanya peningkatan durasi penggunaan yang cukup signifikan, jumlah pengguna baru (new user) yang bergabung dengan Steam pun mengalami peningkatan yakni mencapai 2,6 juta pengguna baru setiap bulannya.

Selain itu, dilihat dari segi penjualan pun perusahaan ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terdapat peningkatan sekitar 20% terhadap angka penjualan game-game yang ada di Steam. Peningkatan-peningkatan yang cukup signifikan ini tentunya tidak bisa dilepaskan dari adanya kebijakan lockdown yang dialami oleh sejumlah Negara ditengah ancaman pandemi yang sedang melanda dunia.

Prestasi Steam raih 120 juta pengguna aktif bulanan ini semakin membuat persaingan dalam memperebutkan pangsa pasar game online menjadi semakin ketat. Kemunculan beberapa kompetitor seperti Epic Games Store rasanya tidak terlalu memberikan dampak yang cukup signifikan pada posisi platform Steam di jajaran penyedia game online untuk PC.

Jumlah angka pengguna yang cukup tinggi ini jauh meninggalkan para pesaing terdekatnya seperti PS4 dan ataupun juga Xbox Live. Setiap bulannya, pengguna aktif Xbox Live berada pada kisaran 90 juta pengguna dan untuk pengguna PlayStation berada pada kisaran rata-rata 102 pengguna bulanan. Meski kedua platform game tersebut juga mengalami peningkatan pengguna namun jumlahnya masih cukup jauh bila dibandingkan dengan pengguna Steam.

Selain meluncurkan jumlah peningkatan data-data pengguna yang dimiliki, Steam juga meluncurkan gambaran rencana pengembangan mereka di tahun 2021 ini. Salah satu target yang hendak dicapai oleh Steam adalah meluncurkan Steam secara penuh di Cina untuk menyasar tingginya minat bermain game di negeri tersebut.

Meraih kesuksesan penjualan di Cina bukanlah sesuatu yang ‘mustahil’. Hal inilah yang sudah ditunjukkan oleh salah satu pesaing terdekat Steam yakni Nintendo. Perusahaan game konsol ini mampu menjual lebih dari 1 juta unit Nintendo Swicth di Cina pada tahun pertama penetrasi di Cina. Jumlah ini melampaui tingkat penjualan PS4.

Dengan kesuksesan Steam raih 120 juta pengguna aktif bulanan, membidik target pasar yang baru rasanya bisa menjadi peluang yang cukup potensial untuk disasar. Jika penetrasi yang dilakukan tersebut bisa berjalan secara optimal, bukan tidak mungkin tingkat jumlah pengguna dan juga revenue yang diperoleh bisa mengalami peningkatan dalam jumlah yang cukup signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *