Emulator Android Terbaik 2022, Ringan Dan Cepat

Sekarang ini semakin banyak orang yang tertarik memainkan game Android tidak lagi hanya bisa dilakukan lewat smartphone. Anda pun sudah bisa memainkannya lewat komputer atau laptop dengan memanfaatkan emulator. Apalagi, saat ini sudah semakin banyak bermunculan emulator android terbaik yang memiliki performa handal dan ukuran yang ringan.

Penggunaan emulator memungkinkan Anda untuk menjalankan sistem operasi Android secara langsung dari dekstop. Dengan demikian, Anda bisa lebih nyaman dan optimal dalam memainkan sejumlah game Android terbaik yang penuh keseruan.

Selain bisa memainkan game yang ada di Android, emulator ini juga memungkinkan para penggunanya untuk mengakses fitur lainnya. Termasuk mengakses berbagai macam aplikasi-aplikasi seperti pada ponsel Android umumnya.

Apa Itu Emulator Android

Mungkin masih banyak diantara Anda yang belum terlalu mengenal apa itu emulator Android. Terlebih jika Anda bukanlah pengguna yang selalu update dengan teknologi dan gadget. Sehingga wajar jika akan merasa asing dengan perangkat lunak yang satu ini.

Ringkasnya, Emulator adalah sebuah perangkat lunak yang bisa dipasang pada perangkat dekstop untuk menjalankan sistem operasi berbasis Android. Jadi Anda akan bisa menjalankan aplikasi Android di laptop atau PC dengan memanfaatkan emulator tersebut.

Nantinya, Anda bisa saja menjalankan berbagai fitur yang ada di ponsel Android. Mulai dari menerima panggilan masuk, membalas pesan, menginstal aplikasi, dan bahkan bermain game online. Hanya saja hal tersebut tidak dilakukan lewat Android melainkan melalui perangkat dekstop atau PC.

Emulator menjadi salah satu teknologi yang relatif umum digunakan  oleh banyak orang. Sekarang ini semakin banyak gamers yang ingin memainkan game smartphone dengan menggunakan perangkat PC dan laptop.

Sekarang ini ada cukup banyak pilihan jenis emulator yang bisa dipilih. Secara umum, Anda tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi untuk bisa menggunakan emulator tersebut. Bahkan ada juga emulator android ringan ram 1gb yang bisa dipilih.

Meskipun secara umum  ukuran emulator relatif cukup ringan, namun Anda tetap perlu bijak dalam memilih. Pastikan terlebih dahulu mengecek spesifikasi yang dibutuhkan agar bisa menggunakan emulator tersebut dengan nyaman.

Fungsi Emulator Android

Sebelum mengulas tentang rekomendasi emulator android untuk pc ringan, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai fungsi utama dari sebuah emulator. Tujuannya adalah agar bisa memahami secara lebih mendetail terkait seluk-beluk yang dimiliki oleh Emulator.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa fungsi dari Emulator Android yang perlu Anda ketahui.

1. Membuat Proses Gaming Semakin Mulus

Sudah bukan rahasia lagi kalau saat ini ada banyak ponsel pintar yang dikembangkan secara khusus untuk kebutuhan gaming. Namun ponsel ini sangat mahal dan tidak semua pemain memiliki akses untuk membeli hp gaming tersebut.

Selain itu, meskipun smartphone tersebut sudah canggih namun memainkan game online di layar ponsel yang relatif kecil sedikit kurang memuaskan. Ditambah lagi ada beberapa jenis game yang memang lebih nyaman saat dimainkan lewat perangkat dekstop.

Baca Juga : Cara Transfer Saldo Google Play ke Gopay

Untuk mengatasi hal ini, solusi terbaik yang bisa digunakan adalah menggunakan emulator Android. Emulator tersebut akan membuat proses gaming menjadi semakin mulus, nyaman, dan juga lebih nyaman saat dilakukan.

Jadi dengan mennggunakan emulator di perangkat Android, maka proses bermain game online pun akan menjadi lebih mulus. Dengan demikian, Anda bisa memainkan ponsel lewat laptop dan tidak perlu lagi melakukan upgrade ke ponsel khusus gaming. Tentunya hal ini bisa lebih menghemat biaya.

2. Membantu Produktivitas Pengguna

Meskipun emulator android terbaik lebih banyak digunakan sebagai sarana untuk bermain game online, namun sebenarnya fungsinya lebih dari itu. Emulator memungkinkan Anda untuk bisa menjalankan berbagai macam aplikasi seperti layaknya dalam ponsel pintar.

Jadi setelah memasang emulator, Anda bisa menginstal berbagai jenis aplikasi melalui Google Play Store seperti halnya ketika di perangkat Android. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan aplikasi apa saja yang hendak digunakan atau dipasang pada emulator tersebut.

Sebagai saran, sebaiknya hindari memasang aplikasi media sosial lewat emulator. Biarkan aplikasi media sosial tersebut berada di ponsel agar produktivitas Anda semakin optimal. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari berbagai distraksi akibat notif dari media sosial.

3. Membantu Kinerja Para Developer Aplikasi

Selain bisa digunakan untuk memainkan game piano Android terbaik, para developer pun banyak yang diuntungkan dari penggunaan aplikasi. Seperti yang sudah diketahui bahwa para developer membutuhkan pengetesan dan pengecekan agar aplikasi yang dikembangkan bisa berjalan optimal.

Umumnya para developer akan melakukan pengecekan secara rutin sebelum meluncurkan versi terbaru dari suatu aplikasi. Tujuannya adalah untuk mengecek kompatibilitas dan juga utilitas dari aplikasi yang diluncurkan tersebut.

Biasanya para developer tersebut akan memanfaatkan Android Studio dan juga Android Software Development Kit yang memang sudah dimiliki. Namun kehadiran emulator juga bisa memberikan nilai lebih bagi para developer untuk melukan  pengetesan tanpa perlu menggunakan smartphone.

4. Menghemat Budget

Seiring perkembangan industri gaming yang semakin pesat, sekarang ini banyak game online yang dilengkapi dengan kualitas grafis tinggi. Namun game-game ini akan membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi untuk bisa memainkannya dengan lancar.

Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan Emulator. Anda cukup memasang emulator pada perangkat PC yang dimiliki. Nantinya Anda bisa memainkan game-game dengan kualitas grafis terbaik tanpa perlu melakukan pembelian hp khusus gaming.

Baca Juga : Cara Membuat Game Untuk Dijual di Playstore

Jadi Anda bisa lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu sering melakukan upgrade pada ponsel yang dimiliki. Maka dari itu, emulator kerap menjadi solusi pilihan terbaik bagi para penggemar game online.

7 Rekomendasi Emulator Android Terbaik Untuk Anda

Sekarang ini ada banyak sekali deretan emulator android paling ringan dan cepat yang bisa digunakan. Masing-masing emulator tentu memiliki spesifikasi dan kelebihan tersendiri bila dibandindingkan dengan jenis lainnya.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa rekomendasi emulator android terbaik yang patut untuk dipertimbangkan.

1. Emulator Android Terbaik : Bluestacks

emulator android terbaik Bluestack

Bluestacks menjadi salah satu aplikasi emulator yang sangat populer diberbagai kalangan. Jumlah penngguna aplikasi ini bahkan sangat banyak dari berbagai belahan dunia. Terlebih, Bluestacks termasuk apikasi emulator yang paling awal dikembangkan.

Secara umum, Bluestacks memang emulator yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan gaming. Sehingga wajar jika emulator ini mengutamakan kualitas performanya. Meski demikian, Anda tetap bisa menggunakan emulator ini untuk menginstal berbagai macam aplikasi seperti emulator pada umumnya.

Baca Juga : Game Nomor 1 di Playstore Terbaik 2021

Emulator Android Bluestacks ini tersedia dalam versi yang gratis dan juga premium. Kalau Anda hanya ingin menggunakannya untuk bermain game dan memasang aplikasi, menggunakan versi yang gratis dari aplikasi ini pun sudah sangat mencukupi.

Cara menginstal Bluestacks pun terbilang sangat mudah. Sebab Anda hanya perlu mengunduh file installer melalui situs resmi Bluestack dan kemudian menginstalnya. Proses instalasinya pun tidak jauh berbeda dari penginstallan aplikasi pada umumnya.

Spesifikasi Bluestack Emulator

Sebelum menginstal emulator tersebut, Anda perlu mengetahui spesifikasi minimum yang dibutuhkan. Sebagai informasi berikut adalah spesifikasi minimal yang Anda butuhkan untuk bisa memasang aplikasi emulator Bluestack.

  • Sistem OS : windows 7 ke atas.
  • Processor : Intel atau AMD
  • RAM : 2 GB
  • Free Space : 5 GB

Berbekal spesifikasi minimum tersebut, Anda sudah bisa menjalankan emulator bluestacks secara mudah dan nyaman di perangkat ponsel.

Kelebihan Emulator Bluestacks

  • Proses instalasi yang mudah.
  • Sudah mendukung multi-akun sehingga bisa digunakan bersama-sama.
  • Performa gaming yang stabil.
  • Ukuran tidak terlalu berat

Kekurangan Bluestacks

  • Terdapat iklan sponsor di dalam aplikasi emulator Android.
  • Setting gesture aplikasi kurang teroptimasi sehingga sedikit mengganggu.

Meski demikian, emulator ini bisa menjadi salah satu opsi terbaik yang patut dipilih untuk memainkan game online di PC.

2. Emulator LD Player

Ldplayer emulator sebenarnya termasuk pemain baru dalam dunia emulator. Meski demikian, aplikasi ini sudah bisa menarik perhatian banyak gamers berkat performa aplikasi yang relatif stabil dan juga mulus untuk bermain game.

Sebagai salah satu emulator terbaik di perangkat Android, LD Player ini sudah mendukung beberapa fungsi penting. Misalnya saja keyboard mapping, gamepad, high-fps gaming, dan lain sebagainya. Dengan demikian akan membuat proses penggunaan emulator pun menjadi semakin maksimal.

Baca Juga : Cara Jadi Reseller Top Up Game, Hasilnya Lumayan

Sedikit berbeda dari jenis emulator lainnya, LD Player memungkinkan para penggunanya untuk memanfaatkan fitur alokasi penggunaan RAM dan CPU. Hal ini tentunya akan membuat kinerja laptop dan PC semakin optimal dan efektif tanpa harus terbebani.

Kelebihan Emulator LD Player

  • Bisa digunakan untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.
  • Terdapat akses shortcut yang cukup mudah.
  • Terdapat fitur alokasi RAM dan CPU

Kekurangan LD Player

  • Emulator ini sementara hanya bisa digunakan untuk perangkat berbasis Windows.

Tidak seperti Bluestacks yang menyediakan opsi premium, LD Player ini bisa Anda gunakan secara gratis sepenuhnya.

3. Emulator GameLoop

Mungkin banyak diantara Anda yang masih asing dengan emulator ini. Pasalnya emulator ini memang aplikasi baru yang belum terlalu lama meramaikan bursa emulator. GameLoop sebelumnya merupakan emulator dengan nama Tencent Gaming Buddy.

Aplikasi ini dikembangkan secara khusus oleh Tencent untuk memainkan game-game Android yang mereka miliki. Jadi aplikasi ini memang dikhususkan untuk penggunaan game Android. Maka dari itu, aplikasi ini kurang cocok bila digunakan untuk tujuan lainnya.

Baca Juga : Berapa Mbps Untuk Bermain Game Online?

GameLoop berkembang menjadi salah satu emulator terbaik setelah adanya dukungan ekslusif untuk game Call of Duty Mobile. Aplikasi emulator ini semakin dikenal dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan karena performanya yang stabil dan tampilannya yang ramah pengguna.

Kelebihan GameLoop

  • Aplikasi sudah terintegrasi dengan mouse dan keyboard sehingga memudahkan dalam proses penggunaan.
  • Performa gaming yang mulus dan memuaskan.
  • Emulator partner resmi dari Call of Duty dan PUBG.

Kekurangan GameLoop

  • Emulator ini kurang cocok digunakan untuk testing aplikasi Android.

Berbekal berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, Anda bisa mulai mempertimbangkan emulator ini kebutuhan gaming. Selain itu, aplikasi ini juga bisa didapatkan secara gratis.

4. Emulator KO Player

KO Player

Rekomendasi emulator terbaik di perangkat Android yang bisa digunakan selanjutnya adalah KO Player. Aplikasi ini tergolong ke dalam emulator yang ringan sehingga akan mengurangi potensi terjadinya lag pada saat digunakan bermain game.

Emulator ini sudah bisa digunakan pada perangkat berbasis Mac ataupun Windows. Ukurannya yang ringan membuat aplikasi ini begitu populer dipilih para pengguna untuk bermain game online. Pasalnya kinerja laptop tidak akan terlalu terbebani.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Free Fire

Salah satu fitur menarik yang ada di dalam emulator ini adalah terdapat fitur untuk merekam layar. Selain merekam, Anda juga bisa langsung membagikan hasil rekaman tersebut secara langsung pada pengguna lainnya di media sosial.

Kelebihan KO Player

  • Ukuran relatif ringan.
  • Tampilan user interface yang ramah pengguna.
  • Proses instalasi yang mudah dilakukan.

Kekurangan KO Player

  • Masih ada bug yang perlu diperbaiki.
  • Terkadang bisa nge-freeze sehingga kurang nyaman bila digunakan bermain game.

Sama seperti aplikasi emulator pada umumnya, KO Player ini juga bisa Anda gunakan secara gratis.

5. Nox Player

Belakangan, nama Nox Player semakin melejit sebagai salah satu emulator terbaik. Meskipun bisa digunakan untuk memasang berbagai jenis aplikasi Android, namun Nox Player akan lebih cocok bila digunakan untuk memainkan game-game yang berat.

Beberapa jenis game berat seperti PUBG hingga Justice League pun akan terasa lancar ketika dimainkan menggunakan emulator Nox Player ini. Oleh sebab itu, wajar kalau banyak orang menyebut Nox Player sebagai emulator gaming berkualitas terbaik di kelasnya.

Baca Juga : Game Bola Untuk Laptop Spek Rendah Terbaik 2021

Salah satu fitur menarik yang dimiliki ole NoxPlayer ini adalah terdapat fitur simulator di dalamnya. Berbekal fitur tersebut, Anda bisa menjalankan game atau aplikasi berbeda pada setiap emulator. Sehingga aplikasi ini bisa digunakan untuk multi-akun secara mudah dan praktis.

Kelebihan Nox Player

  • Mempunyai dukungan mapping controllers.
  • Mudah untuk dilakukan rooting.
  • Tampilan user interface yang terbilang cukup bagus.
  • Mendukung sistem operasi Windows dan Mac.

Kekurangan Nox Player

  • Masih menggunakan Android versi lama.
  • Terdapat iklan sponsor di dalam aplikasi.

Seperti emulator Android pada umumnya, aplikasi ini juga sudah bisa Anda guanakn secara gratis.

6. Emulator Android Terbaik : Memu Play

emulator android terbaik MEmu Play

MEmu Emulator pertama kali melucur ke publik pada tahun 2015 yang lalu. Meski belum terlalu lama, namun emualator ini sudah berhasil menarik perhatian banyak pengguna. Hal ini berkat kualitas dan performa yang dimiliki oleh emulator tersebut.

Baca Juga : Cara Daftar Golden Town di Android, Mudah Banget

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa emulator ini memiliki kualitas gaming yang setara dengan NOX dan Bluestacks. Sehingga cocok digunakan untuk memainkan game-game dengan tampilan kualitas grafis yang begitu baik di dalamnya.

Kelebihan MEmu Play

  • Sudah mendukung AMD dan Nvidia.
  • Terdapat setting untuk lokasi virtual.
  • Terdapat pilihan opsi versi Android mulai dari Bean, KitKat, hingga Lollipop.

Kekurangan Memu Play

  • Versi Android yang jadul.
  • Tidak begitu cocok digunakan untuk memainkan game-game berat.

Kalau Anda ingin menggunakan emulator yang ringan untuk game yang tidak terlalu berat, MEmu Play bisa menjadi salah satu opsi terbaiknya. Selain itu, emulator ini juga bisa digunakan secara gratis.

7. Droid4X

Emulator Android ringan dan cepat yang bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah Droid4X. Aplikasi emulator ini bisa digunakan untuk memasang berbagai jenis aplikasi dan juga game Android. Ukurannya yang tidak terlalu berat membuat Droid4X banyak diminati sebagai salah satu opsi untuk emulator.

Aplikasi ini termasuk jenis emulator yang relatif ringan dan bahkan bisa digunakan oleh perangkat dengan sistem OS Windows XP. Meski demikian, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan perangkat dengan spesifikasi lebih tinggi agar kualitasnya pun semakin optimal.

Baca Juga : Hp Khusus Game FF, Murah Berkualitas

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Droid4X adalah sudah mendukung fitur tpuch screen. Tentu untuk menggunakan fitur ini maka perangkat laptop Anda juga sudah harus memiliki fitur operasional touch screen.

Akhir Kata

Secara umum ada cukup banyak jenis emulator yang bisa digunakan. Masing-masing jenis emulator tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga Anda bisa memilih emulator yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum memilih emulator, pastikan terlebih dahulu kalau perangkat Anda sudah sesuai dengan spesifikasi minimum untuk menginstal. Selain itu, pertimbangkan pula versi Android yang digunakan, update, dan performa yang dimiliki.

Itulah ulasan mengenai beberapa rekomendasi terkait emulator android terbaik yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan gaming. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi mencari rekomendasi emulator terbaik untuk bermain game online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.