MSC 2021 : Turnamen Mobile Legends Penuh Gengsi

Mobile Legends menjadi salah satu game MOBA yang cukup populer dan memiliki banyak pemain dari berbagai Negara. Selain menjadi game yang populer, Mobile Legends juga kerap kali mengadakan turnamen resmi dengan hadiah yang cukup bergengsi. Salah satunya adalah MSC 2021 yang saat ini tengah memasuki gelaran fase grup.

MSC adalah turnamen resmi yang diselenggarakan oleh pihak Moonton dan diperuntukkan bagi para pemain-pemain Mobile Legends yang profesional dari sejumlah Negara. Dalam turnamen penuh gengsi ini akan ada beberapa tim esports dari beberapa Negara yang akan saling bertanding dan memperebutkan hadiah yang sangat menjanjikan.

Pengertian Apa Itu MSC 2021

MSC 2021 yang penuh gengsi

Kalau kamu termasuk yang cukup aktif mengikuti gelaran dan perkembangan industri game, mungkin sudah tidak akan asing lagi dengan istilah turnamen MSC. Meskipun tahun lalu sempat ditiadakan mengingat adanya ancaman pandemi yang mengganas, tahun ini pihak Moonton memberanikan diri untuk kembali menyelenggarakan turnamen bergengsi tersebut.

MSC 2021 yang merupakan akronim dari Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) adalah turnamen Mobile Legends resmi yang diselenggarakan oleh pihak Moonton dengan tim peserta yang berasal dari Negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan memperebutkan nilai total hadiah yang sangat lumayan.

Turnamen MSC ini merupakan turnamen yang ‘lebih tinggi’ bila dibandingkan dengan MPL (Mobile Legends Profesional League). Selepas diselenggarakannya MPL dan ditemukan pemenang juaranya, kini para peserta tersebut harus kembali tampil dalam ajang turnamen yang tidak kalah bergengsi yakni MSC untuk memperebutkan gelara juara serta prize pool menarik.

Baca Juga : Game Penghasil Uang Langsung Ke Rekening, Bikin Cuan

Bagi para pemain Mobile Legends profesional, MSC menjadi salah satu turnamen resmi yang cukup banyak dinantikan karena akan bisa mempertemukan sejumlah pemain hebat dari berbagai tim esports terbaik di sejumlah Negara termasuk Indonesia.

Turnamen Mobile Legends Southeast Asia Cup ini merupakan turnamen resmi tahunan yang digelar oleh Moonton dan sudah diselenggarakan sejak tahun 2017 yang lalu. Meski sempat ditiadakan pada tahun 2020 lalu akibat adanya pandemi yang belum mereda, namun tahun ini turnamen bergengsi tersebut kembali digelar untuk meramaikan perkembangan esports.

Kapan Penyelenggaraan Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC)?

jadwal turnamen Mobile Legends Asia Tenggara

Turnamen resmi Mobile Legends bertajuk MSC untuk tahun 2021 ini akan digelar pada bulan Juni. Menurut jadwal yang sudah beredar, turnamen Mobile Legends Southeast Asia Cup 2021 ini akan digelar mulai dari tanggal 7 – 13 Juni 2021 mendatang.

Secara umum jadwal MSC tahun 2021 ini akan digelar dalam empat tahap mulai dari babak penyisihan hingga babak grand final yang akan diselenggarakan pada 13 Juni mendatang.

Turnamen MSC 2021 sendiri akan diikuti oleh sejumlah tim esports dari 8 Negara ASEAN berbeda yakni Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan tentu saja Indonesia.

Dengan cukup banyaknya peserta yang turut meramaikan turnamen resmi dari Mobile Legends di kawasan Asia Tenggara tersebut, tentunya akan membuat gelaran ini menjadi semakin seru untuk dipantau dan diikuti.

Untuk jadwal pembagian jadwal dari turnamen Mobile Legends 2021 ini sendiri adalah sebagai berikut :

  • 7 hingga 8 Juni 2021 : Babak Penyisihan Grup 1
  • 9 Juni 2021 : Penyisihan Grup 2
  • 11 hingga 13 Juni 2021 : babak Play off
  • 13 Juni 2021 : Babak Grand Final

Dengan adanya kepastian jadwal turnamen resmi tersebut, kamu bisa turut menyaksikan dan mengikuti perkembangan turnamen Mobile Legends 2021 di kawasan Asia Tenggara yang penuh dengan gengsi dan bahkan bisa ditonton secara livestream.

Siapakah Peserta MSC 2021?

para peserta turnamen MSC 2021

Gelaran turnamen resmi Mobile Legends 2021 ini akan diikuti oleh 12 tim esports berbeda yang berasal dari 8 Negara di Asia Tenggara. Para peserta MSC tahun 2021 ini terdari dari 8 tim peserta MPL dan juga 4 tim esports lain yang lolor lewat jalur kualifikasi regional.

Untuk pembagian slot peserta turnamen MSC tahun 2021 ini sendiri adalah sebagai berikut :

  • 2 tim dari MPL Indonesia
  • 2 tim dari MPL Malaysia
  • 2 tim dari MPL Singapura
  • 2 tim dari MPL Filipina
  • 1 tim dari Laos (lewat kualifikasi regional)
  • 1 tim dari Thailand (lewat kualifikasi regional)
  • 1 tim dari Kamboja (lewat kualifikasi regional)
  • 1 tim dari Vietnam (lewat kualifikasi regional)

Turnamen yang kembali mempertemukan sejumlah peserta MPL ini tentunya akan membuat persaingan perebutan gelar juara menjadi semakin sengit.

Sementara itu untuk tim esports yang mewakili Negara masing-masing adalah sebagai berikut ini :

  • Indonesia : Evos Legends dan Bigetron Alpha
  • Malaysia : Resurgence MY dan Todak
  • Singapura : Resurgence SG dan Evos SG
  • Filipina : Blacklist International dan Execration
  • Laos : Nightmare Esports
  • Vietnam : Cyber Exe
  • Kamboja : KH Impunity
  • Thailand : I Do Not Sleep

Dari 12 peserta MSC 2021 tersebut akan dikelompokkan ke dalam tiga pool yang berbeda dengan masing-masing-masing pool adalah sebagai berikut :

  • Pool 1 : Evos Legends (ID), EVOS SG (SG), Blacklist International (PH), dan RSG MY (MY).
  • Pool 2 : Bigetron Alpha (ID), RSG SG (SG), Execration (PH), dan Todak (MY).
  • Pool 3 : Nightmare Esports (LA), Cyber Exe (VN), I Do Not Sleep (TH), dan KH Impunity (KH).

Pembagian pool yang terbilang cukup menarik untuk gelaran MSC tahun ini. Selain tim-tim unggulan yang lolos karena MPL, ada sejumlah tim kuda hitam yang patut diwaspadai karena potensi comeback yang mereka lakukan.

Baca Juga : Game Penghasil Uang Paypal Terbaik 2021

Kualitas Todak dari Malaysia dan Evos Esporst Singapura tentunya tidak boleh disepelekan karena kemampuan dan skill yang dimilikinya cukup mumpuni. Belum lagi ada Blacklist International yang sukses mendominasi gelaran MPL PH beberapa waktu lalu dengan kombinasi permainan yang unik dan menarik.

Selain tim-tim penghuni MPL, jangan lupakan juga IDNS (I Do Not Sleep) yang merupakan mantan juara gelaran MSC tahun 2017 silam. Potensi mereka untuk melakukan comeback dalam pertandingan pun cukup besar.

Daftar Juara Turnamen MSC Dari Tahun ke Tahun

para juara turnamen mobile legends Asia tenggara

Turnamen Mobile Legends Asia Tenggara sebenarnya sudah diselenggarakan secara rutin sejak beberapa tahun lalu. Tepatnya dimulai pada tahun 2017. Untuk gelaran MLBB Sea Cup yang perdana digelar pada tanggal 1-3 September 2017 lalu yang berlokasi di Mall Taman Anggrek, Jakarta, Indonesia yang diikuti oleh 8 tim dari 5 negara berbeda.

Untuk gelaran MLBB Sea Cup 2017, IDNS (I Do Not Sleep) yang merupakan tim esports dari Thailand berhasil meraih gelar juara turnamen ini. Untuk prize pool edisi turnamen pertama ini adalah sebesar 100 ribu Dollar Amerika.

Baca Juga : Cara Daftar Tim Esport Indonesia, Gampang Banget

Pada edisi yang selanjutnya yakni MSC 2018 digelar pada 27-29 Juni 2018 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo, Indonesia. Turnamen kedua ini melahirkan AETHER MAIN sebagai juara dari 10 tim yang berasal dari 7 Negara. Hadiah yang ditawarkan pada kompetisi kedua ini juga senilai 100 ribu Dollar Amerika.

Pada turnamen MSC 2019, giliran ONIC Esports dari Indonesia yang berhasil meraih gelar juara. Turnamen ketiga ini diselenggarakan di Araneta Coliseum, Manila, Filipina. Untuk prize pool dari turnamen ini adalah senilai 120 ribu Dollar Amerika.

Sedangkan untuk MSC tahun 2020 terpaksa ditiadakan mengingat pandemi yang melanda banyak Negara. Dan kini ditahun 2021 ini, MSC kembali digelar dengan mempertemukan 12 tim dari 8 negara Asia Tenggara dengan prize pool yang mencapai sebesar 150 ribu Dollar Amerika atau sekitar Rp 2,1 miliar.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai gelaran MSC 2021 yang perlu kamu tahu. MSC atau turnamen resmi Mobile Legends di kawasan Asia Tenggara ini merupakan sebuah turnamen esports yang cukup bergengsi dengan memperebutkan hadiah yang sangat menggiurkan bagi para pemenang turnamen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *