5 Tim Esport Terbesar di Indonesia Yang Langganan Juara

Akhir-akhir ini, istilah esports menjadi istilah yang cukup populer karena banyak didengungkan oleh sejumlah media. Terlebih dengan kehadiran sejumlah tim esport terbesar di Indonesia membuat istilah ini menjadi semakin banyak dikenal oleh sejumlah kalangan termasuk orang-orang yang tidak berkecimpung dalam dunia game.

Meskipun menjadi salah satu istilah yang cukup populer, namun esport sendiri termasuk istilah yang terbilang masih cukup ‘baru’ di Indonesia. Sehingga mungkin membuat banyak orang yang belum benar-benar mengetahui makna atau arti dari istilah esports itu sendiri.

Sekilas Tentang Apa Itu Esports

Sebelum membahas secara lebih jauh  tentang daftar tim esport terbesar yang ada di Indonesia, tidak ada salahnya jika terlebih dahulu akan dibahas secara sekilas mengenai pengertian dari esports itu sendiri.

Esports merupakan singkatan dari Electronic Sports, yakni suatu jenis kegiatan olahraga secara elektronik dengan menggunakan game sebagai media untuk berkompetisi antara satu dan yang lainnya dan pada umumnya dimainkan oleh orang-orang yang sudah profesional.

Pada umumnya, orang-orang yang sudah profesional dalam bermain game tersebut akan dikontrak oleh sebuah tim atau organisasi tertentu agar bisa turut serta dalam suatu kompetisi dengan hadiah yang relatif cukup besar. Tawaran hadiah turnamen yang cukup besar ini bisa menjadi hadiah yang sangat menarik untuk dipertimbangkan.

Namun, menjadi pemain esports profesional bukanlah perkara yang mudah. Anda perlu berlatih secara berkesinambungan dan juga konsisten agar bisa memiliki kemampuan dan skill pemain game yang mumpuni dan bisa bersaing dengan pemain-pemain profesional lainnya.

5 Tim Esports Indonesia Terbesar Dan Populer

Seiring dengan meningkatya popularitas esports di Indonesia, saat ini sudah semakin banyak bermunculan tim-tim esports profesional yang memiliki cukup banyak prestasi. Diantara sekian banyak tim esports Indonesia, berikut adalah 5 klub yang cukup populer dan memiliki prestasi gemilang baik dalam skala domestik maupun mancanegara.

1. EVOS Esports

tim esport terbesar di Indonesia EVOS Esports

Kalau Anda sering mengikuti update tentang dunia gaming, mungkin sudah tidak akan asing lagi dengan nama tim esport terbesar di Indonesia yang satu ini. EVOS Esports termasuk salah satu klub olahraga elektronik yang terbilang cukup tua di Indonesia. Di awal terbentuknya, tim ini lebih banyak berfokus pada game Dota 2 dengan nama Zero Latitude.

Seiring dengan tingkat popularitas esports yang semakin tinggi di Indonesia dan juga perkembangan tim EVOS sendiri, mereka pun mulai memiliki banyak divisi. Beberapa diantaranya adalah divisi PUBG Mobile, Free Fire, dan tak ketinggalan divisi Mobile Legends.

Sebagai salah satu tim esports yang cukup berpengalaman, EVOS Esports memiliki prestasi yang terbilang cukup gemilang. Beberapa diantaranya adalah menjadi runner-up di MPL Season 1 lalu menjadi Juara di MPL Season 2 pada game Mobile Legends. Sedangkan dari divisi Free Fire berhasil menyabet gelar juara World Cup di tahun 2019 yang lalu.

Dengan cukup banyaknya prestasi gemilang yang sudah pernah diraih oleh tim olahraga elektronik EVOS Esports, tidak mengherankan jika hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu tim olahraga elektronik papan atas yang memiliki basis penggemar cukup banyak. Hal ini tidak lepas dari performa dan juga kemampuan skill yang dimiliki oleh para anggota timnya.

Baca Juga : 6 Situs Download Game PC Terbaik 2021

2. Tim Esport Terbesar di Indonesia RRQ

tim olahraga RRQ

Sama seperti EVOS Esports, tim RRQ juga termasuk ke dalam salah satu klub Esports tertua di Indonesia. Pasalnya, klub yang satu ini sudah terbentuk sejak era game online DOTA 1 masih berjaya. Rex Regum Qeon atau yang disingkat RRQ kemudian menjelma menjadi salah satu time sports yang cukup populer dan juga memiliki banyak divisi mulai dari PUBG Mobile, Free Fire, dan juga game Mobile Legends.

Tak tanggung-tanggung, klub olahraga elektronik ini bahkan sudah melebarkan sayapnya hingga ke negeri Gajah Putih, Thailand. Di Thailand, mereka memiliki cabang tim RRQ ATHENA yang bahkan sudah menjuarai cukup banyak turnamen besar PUBG Mobile. Tim RRQ ATHENA ini sendiri beranggotakan pemain-pemain game profesional dari Thailand.

3. Tim Esport Aerowolf

tim esports di Indonesia Aerowolf

Tim esport terbesar di Indonesia yang tidak kalah populer selanjutnya adalah Aerowolf. Munkin Anda sudah tidak asing lagi dengan nama tim olahraga elektronik yang satu ini. Tim ini memiliki prestasi yang cukup banyak dan divisi tim yang terbilang begitu lengkap mulai dari platform PC hingga platform game Mobile.

Khusus untuk tim Aerowolf divisi PUBG, sudah pernah menjuarai PMPL Indonesia Season 2. Selain itu, tim ini juga berhasil menyabet peringkat 2 di PMPL SEA sehingga berhak mendapatkan tiket untuk tampil di PMGC Season 0.

4. Tim Esport Terbesar di Indonesia Bigetron

tim Bigetron

Tim olahraga elektronik yang satu ini pada awalnya terkenal lewat game League of Legends. Kini seiring dengan perkembangan yang ada, Bigetron pun sudah memiliki cukup banyak cabang atau divisi pada sejumlah game populer lainnya seperti Free Fire, PUBG Mobile, dan ataupun Mobile Legends.

Salah satu prestasi gemilang yang pernah dicapai oleh tim esports Bigetron adalah berhasil menjuarai turnamen PMCO – Fall Split Global Final dan berhak mendapatkan reward sebesar $205.000. Selain itu, beberapa prestasi yang pernah didapatkan dari tim Bigetron divisi PUBG Mobile ini antara lain adalah juara PMWL 2020 Season 0 East dan mendapatkan slot tampil di PMGC 2020 Season 0.

5. Tim Esports Terbesar BOOM Esports

Tim esport terbesar di Indonesia yang sarat dengan prestasi berikutnya adalah BOOM Esports. Dari beberapa tim olahraga elektronik yang sudah disebutkan pada daftar di atas, BOOM Esports sendiri menjadi satu-satunya tim yang masih berfokus pada game DOTA 2 hingga saat ini. Meski DOTA 2 menjadi game yang kurang diminati di Indonesia, namun mereka tetap konsisten untuk tetap ‘merawat’ divisi yang berfokus pada game DOTA 2 tersebut.

Tidak ingin ketinggalan dalam meramaikan suasana olahraga elektronik di Indonesia, BOOM Esports pun juga turut meluncurkan beberapa divisi untuk game populer lainnya semisal Free Fire, CSGO, Apex Legends, dan bahkan juga PUBG Mobile.

Tim utama BOOM Esports yang berfokus pada game DOTA 2, sudah memiliki cukup banyak prestasi gemilang untuk mengharumkan Indonesia di kancah turnamen esports DOTA 2. Salah satu prestasi membanggakan tersebut adalah merengkuh gelar juara ESL Indonesia Championship Season 1.

Selain itu, BOOm ID juga berhasil mencatatkan dirinya untuk lolos ke turnamen Internasional Dota PIT Minor 2019, The Bucharest Minor, StarLadder Imbatv Dota 2, dan juga turnamen SEA bergengsi lainnya.

Penutup

Itulah ulasan mengenai tim esport terbesar di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Berbekal dengan ulasan singkat di atas, semoga bisa menambah pengetahuan dan juga menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda. Kini, Anda tidak perlu bingung lagi dengan istilah berupa esports ataupun olahraga elektronik yang kini tengah naik daun bukan hanya di Indonesia namun juga belahan dunia lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *