Harga Game PC Bajakan, Benarkah Sangat Murah?

Harga game PC bajakan menjadi salah satu pertanyaan yang sangat menarik untuk ditelusuri. Sebab pembajakan sepertinya sudah menjadi hal yang ‘wajar’ sehingga menemukan game-game bajakan pun relatif agak mudah. Namun tentu saja game-game bajakan tetap memiliki batasan dan tidak akan dilengkapi dengan fitur-fitur mumpuni seperti pada game originalnya.

Meskipun game bajakan pada dasarnya melanggar hukum dan undang-undang, namun tetap saja pada beberapa kesempatan game ini masih bisa ditemukan. Harga game original yang terasa cukup mahal menjadi salah satu alasan mendasar mengapa banyak orang memilih untuk membeli game-game bajakan yang dibanderol tidak semahal game original.

Mahalnya game-game original terkadang membuat banyak penggemar game yang tidak mampu untuk membeli game tersebut setiap ada rilis baru. Oleh karena itu, sedikit banyak diantara para penggemar game tersebut yang beralih ke game-game bajakan agar tetap bisa memainkan game kesayangan mereka namun dengan banderol harga yang lebih murah.

Berapakah Harga Game PC Bajakan Di Pasaran?

harga game pc bajakan di pasaran

Mungkin banyak diantara Anda yang bertanya-tanya mengenai berapakah harga game PC bajakan yang terkadang bisa ditemukan di sejumlah pasaran. Secara umum, mengingat bahwa game bajakan bukanlah game yang memiliki lisensi resmi dari pihak pengembang maka harga yang dibanderol pun akan lebih rendah bila dibandingkan dengan game-game original.

Meskipun secara umum game-game bajakan bisa didapatkan secara gratis di internet – terutama jika Anda cermat dan jeli – dalam mencari game tersebut, namun ada pula sejumlah pihak yang berupaya mencari keuntungan dengan menjual game-game bajakan.

Lalu berapakah harga game bajakan? Secara umum, rata-rata game bajakan bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 50.000 perkeping berukuran sekitar 4GB atau setara dengan satu DVD. Harga ini tentu bukanlah harga yang fixed karena harga yang didapatkan bisa saja berbeda bergantung pada banyak faktor dan indikator.

Baca Juga : Bisnis Game Online : Peluang Dan Cara Memulainya

Namun sebagai angka rata-rata mari kita banderol saja bahwa harga game kualitas bajakan adalah sekitar Rp 50.000 perkeping ukuran 4GB. Apakah harga ini jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga originalnya? Jawabnya adalah belum tentu.

Sebagai contoh, mari kita tinjau salah satu contoh game yang sangat populer di perangkat PC yakni Grand Theft Auto V (GTA V). Game ini memiliki ukuran sekitar 64 GB di versi originalnya sesuai dengan yang diluncurkan oleh pihak pengembang.

Jika kita mengacu bahwa ukuran file CD bajakan game adalah sekitar 4 GB perkeping, maka untuk game tersebut secara lengkap akan membutuhkan setidaknya 16 keping CD game bajakan.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk harga game original dari GTA V secara fisik adalah sekitar Rp 725.000. Sedangkan untuk versi digitalnya bisa dibeli di Steam dengan harga sekitar Rp 546.000 (harga bisa saja berubah-ubah sesuai dengan nilai kurs Dollar ke Rupiah).

Sementara itu, untuk game bajakan karena membutuhkan 16 buah keping CD maka harga totalnya adalah sebesar Rp 50.000 x 16 = Rp 800.000. Jika dicermati harga game PC bajakan belum tentu lebih murah bila dibandingkan dengan harga game yang original.

Pada beberapa kasus – semisal untuk ukuran game yang kecil – mungkin saja Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk game bajakan. Namun untuk game-game berukuran besar seperti GTA V, Batman Arkham Knight, dan berbagai game besar lainnya, belum tentu Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah secara keseluruhan bila dibandingkan dengan versi originalnya.

Baca Juga : 6 Situs Download Game PC Terbaik 2021

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk cermat dan teliti dalam memilih game. Sebaiknya hindari memainkan game-game bajakan karena selain melanggar undang-undang, sebenarnya ada sejumlah risiko berbahaya akibat memainkan game bajakan.

Apa Bahaya Memainkan Game Bajakan?

game bajakan

Game bajakan pada dasarnya bisa mengandung hal-hal yang membahayakan dan mungkin tidak Anda sadari. Maka dari ada baiknya jika Anda menghindari membeli game-game bajakan untuk keamanan dan kenyamanan Anda dalam memainkan game tersebut.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa bahaya memainkan game bajakan yang mungkin tidak Anda sadari :

1. Kemungkinan Terjangkit Oleh Virus Atau Malware

Salah satu kemungkinan bahaya yang bisa mengintai dari penggunaan game bajakan adalah kemungkinan adanya malware atau virus yang membahayakan perangkat komputer Anda. Seperti yang sudah  banyak diketahui bahwa game bajakan umumnya juga bisa diunduh dari game internet semisal torrent publik.

Mengingat bahwa game bajakan merupakan game yang sudah di-crack maka bagaimana Anda bisa yakin bahwa game tersebut tidak disisipi dengan file-file jahat semisal virus ataupun malware?

Meskipun tidak setiap unduhan game yang sudah di-crack akan mengandung virus ataupun malware namun Anda tetap perlu cermat dan waspada terhadap kemungkinan ini. Sebab jika perangkat PC yang Anda miliki sudah terinjeksi dengan virus ataupun malware maka untuk memulihkannya pun tentu tidak mudah.

2. Game Bisa Saja Sering Mengalami Masalah

Meskipun harga game PC bajakan cenderung terjangkau dan bahkan bisa didapatkan secara gratis di internet jika Anda beruntung, namun yang namanya game bajakan tentu kualitasnya tidak akan sebaik file original yang mendapatkan lisensi resmi dari perusahaan.

Salah satu kendala yang relatif cukup sering dialami oleh para pengguna game bajakan adalah game yang sering mengalami masalah. Beberapa masalah yang cukup sering terjadi pada game bajakan diantaranya adalah lag atau game sering berhenti.

Baca Juga : Cara Download Dota 2 di Steam Secara Mudah

Hal ini tentunya akan menjadi hal yang sangat menyebalkan, bukan? Terlebih jika Anda sedang asyik memainkan game dengan penuh keseruan lalu tiba-tiba game tersebut terhenti dan tidak bisa difungsikan lagi.

Penyebab mengapa game bajakan terkadang mengalami masalah adalah kemungkinan disebabkan oleh adaya perubahan pada software game yang diakibatkan oleh proses pembajakan tersebut.

3. Melanggar Hukum Dan Legalitas

Bahaya berikutnya yang mengintai dari penggunaan game bajakan adalah game tersebut merupakan bentuk pelanggaran terhadap hukum dan legalitas. Secara umum, bermain game bajakan sebenarnya merupakan tindakan ilegal yang tidak dibenarkan karena merupakan bentuk pelanggaran terhadap hak cipta.

Akhir Kata

Meskipun saat ini game bajakan relatif cukup mudah untuk ditemukan, namun ada baiknya kalau Anda tetap cermat dan berhati-hati serta menghindari memainkan game-game bajakan. Mempertimbangkan beberapa bahaya yang bisa saja terjadi pada Anda ketika memainkan game bajakan, maka menghindari pembajakan adalah tindakan yang bijaksana.

Baca Juga : Cara Beli Game di Steam Tanpa Kartu Kredit

Bermain game memang bisa menjadi aktivitas yang cukup menarik dan menyenangkan. Namun sebaiknya Anda tetap bijak dan cermat dalam mengatur waktu ketika bermain game online. Pastikan Anda tidak berlebihan dalam bermain game agar tidak menganggu aktivitas, rutinitas, dan juga tanggung-jawab yang Anda miliki.

Demikianlah ulasan mengenai perkiraan harga game PC bajakan yang perlu Anda ketahui. Berangkat dari ulasan yang telah disampaikan di atas, ada baiknya kalau Anda mulai menghindari untuk memainkan game-game bajakan karena bisa saja memberikan kerugian pada diri sendiri dan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *