Memu Android Emulator : Spesifikasi Dan Performanya

Memu android emulator menjadi salah satu jenis emulator Android terbaik yang cukup banyak digemari. Aplikasi tersebut dapat dipakai untuk menjalankan sistem OS berbasis Android pada sejumlah perangkat seperti PC atau laptop.

Hadirnya sejumlah emulator menjadi solusi bagi sejumlah pengguna yang ingin menjalankan Android pada berbagai perangkat. Menggunakan aplikasi emulator tersebut maka Anda bisa menjalankan sistem Android pada PC ataupun laptop secara lebih mudah.

Diantara sekian banyak jenis emulator yang sudah diluncurkan para developer, Memu Play menjadi salah satunya. Aplikasi perangkat lunak ini memiliki basis pengguna yang cukup banyak mengingat performa dan juga kelebihan yang dimiliki.

Apa Itu Memu Android Emulator?

Mungkin masih banyak diantara Anda yang bertanya-tanya mengenai apa itu emulator Memu play. Salah satu emulator android paling ringan dan cepat ini memang menawarkan sejumlah kelebihan bagi para penggunanya.

Singkatnya, MEMU Play adalah salah satu emulator yang bisa digunakan untuk menjalankan sistem Android pada laptop atau PC. Emulator yang satu ini terkenal cukup ringan dengan performa yang terbilang cukup lumayan.

Ketika menggunakan emulator yang satu ini, Anda tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi. Oleh karena itu, emulator yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki perangkat komputasi standar.

Menggunakan aplikasi emulator ini, nantinya Anda bisa memainkan aneka jenis game online Android secara lebih mudah. Mulai dari Mobile Legends, PUBG, dan lain sebagainya pun bisa dimainkan melalui emulator yang satu ini.

Sebagai salah satu emulator Android yang cukup ringan, tampilan Memu Play pun terbilang cukup ramah pengguna. Sehingga memudahkan dalam proses operasional dan penggunaan aplikasi emulator tersebut.

Spesifikasi Memu Play

memu android emulator

Berbicara tentang spesifikasi, memu android emulator ini terbilang cukup ramah untuk para pengguna. Pasalnya, Anda tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi untuk melakukan instalasi pada perangkat yang satu ini.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa spesifikasi minimum dasar yang diperlukan untuk memasang aplikasi emulator tersebut :

Sistem OSWindows XP SP3 / 7 / 8.1 / 10
ProcessorIntel / AMD
RAM2 GB
Free Space5 GB

Melihat spesifikasi minimum tersebut, masuk akal rasanya apabila dinyatakan bahwa Memu Play menjadi emulator yang cukup ringan. Berbekal dengan perlengkapan standar pun Anda sudah bisa menjalankan aplikasi emulator tersebut dengan cukup nyaman.

Fitur Pada Aplikasi Emulator Memu Play

Untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan para pengguna, Memu Play pun dilengkapi dengan sejumlah fitur penting di dalamnya. Keberadaan fitur-fitur tersebut akan membuat penggunaan aplikasi menjadi semakin maksimal dan optimal.

Apabila sudah mengunduh dan memasang aplikasi Emulator tersebut pada perangkat PC atau Laptop, maka Anda pun bisa segera menjalankan sistem Android. Nantiny, di dalam emulator tersebut akan terdapat Google Play Store seperti pada perangkat Android umumnya.

Kemudian Anda pun bisa menjalankan berbagai aplikasi dan game yang umum ditemukan pada perangkat Android. Misalnya saja melakukan cek email, browsing, membuka foto, dan bahkan menjalankan berbagai jenis aplikasi lainnya.

Selain itu, beberapa fitur pelengkap lain yang disematkan antara lain adalah GPS Simulation, screenshot, dan bahkan juga screen recorder. Berbekal beberapa fitur unggulan tersebut maka akan membuat penggunaan aplikasi pun menjadi semakin maksimal.

Banyaknya fitur yang ada di dalam aplikasi membuat jumlah pengguna memu android emulator ini terbilang cukup tinggi. Hal ini tentunya termasuk hal yang wajar mengingat fitur dan performa yang ditawarkan.

Kelebihan Emulator Memu Play Android

Mungkin banyak diantara Anda yang masih bertanya-tanya mengenai keunggulan dari aplikasi emulator yang satu ini. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Memu Play bagi para penggunanya.

Memu Android Emulator Didukung Android Lollipop

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Memu Play ini adalah dukungan terhadap sistem OS Android Lollipop. Meskipun sudah banyak aplikasi emulator yang bermunculan, namun tak jarang mereka masih menggunakan sistem OS berbasis KitKat ataupun JellyBean.

Penggunaan Android OS Lollipop pada Memu Play membuat tampilan aplikasi ini terbilang cukup segar dan lebih modern. Sehingga akan membuat proses penggunaan aplikasi pun menjadi semakin nyaman dan optimal.

Meskipun sudah dibekali dengan sistem OS berbasis Lollipop, namun pengaturan Memu Play memberikan fleksibilitas. Anda bisa mengatur apakah ingin menggunkan OS versi KitKat ataupun juga JellyBean.

Apabila ingin menggunakan OS Lollipop, pastikan apabila komputer Anda sudah mendukung sistem 64 bit. Pasalnya, persyaratan untuk bisa menjalankan OS Lollipop adalah penggunaan perangkat dengan arsitektur berbasis 64 bit.

Performa yang Cepat, Ringan, dan Stabil

Secara umum, performa Memu Play memang cukup menjanjikan. Bila dibandingkan dengan emulator jenis lain, Memu Play terbilang sebagai aplikasi dengan performa yang sangat cepat di kelasnya.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa tes benchmark yang dilakukan oleh laman Antutu. Performa aplikasi emulator Memu Play tersebut bahkan mengungguli beberapa smartphone flagship seperti Samsung Galaxy Note 5.

Meskipun secara umum peforma Memu Play memang cukup menjanjikan, namun pengaruh PC juga perlu dipertimbangkan. Disarankan untuk menginstal aplikasi Memu Play ini pada perangkat dengan spesifikasi minimum yang sudah ditentukan.

Tentu saja semakin tinggi spesifikasi yang digunakan maka akan semakin baik. Karena hal tersebut bisa memicu terjadinya peningkatan performa dan kenyamanan dalam menggunakan aplikasi yang bersangkutan.

Modifikasi Game Kontroller yang Mudah Dilakukam

Bagi para penggemar game online, kontroler tentunya menjadi salah satu faktor penting yang tidak boleh diabaikan. Penggunaan kontroler yang tepat tentunya akan meningkatkan kenyamanan dan pengalaman dalam memainkan game online tersebut.

Memu Play menawarkan pengaturan modifikasi controller yang cukup mudah dilakukan. Anda bisa juga memanfaatkan fitur keymapping agar bisa melakukan pengaturan pada keyboard dan juga mouse.

Keunggulan lain yang juga ditawarkan Memu Play adalah memungkinkan pengguna untuk memakai USB JoyStick saat bermain game. Hal ini tentunya akan membuat kegiatan bermain game online menjadi semakin seru untuk dilakukan.

Memiliki Tingkat Kompatibilitas yang Tinggi

Memu Play juga mempunyai tingkat kompatibilitas yang sangat tinggi terhadap berbagai OS. Sehingga Anda tidak perlu merasa kebingungan ketika ingin melakukan instalasi aplikasi emulator yang satu ini.

Aplikasi Emulator Memu Play bisa dipasang pada berbagai jenis OS mulai dari Windows 7, Windows 8, dan bahkan juga Windows 10. Namun bagi Anda yang merupakan pengguna MacOS ataupun Linux harus kecewa karena aplikasi ini belum mendukung OS tersebut.

Mendukung Kegiatan Multitasking

Ukuran Emulator yang ringan dan performanya yang cepat, membuat aplikasi ini sudah bisa digunakan untuk kegiatan multi-tasking. Artinya, Anda  bisa menjalankan emulator lainnya secara bersamaan dalam satu perangkat yang sama.

Anda hanya perlu melakukan satu kali klik dan nantinya emulator pun akan bisa berjalan tanpa harus mengganggu emulator lainnya. Dengan demikian, memungkinkan Anda untuk bisa melakukan berbagai kegiatan multi-tasking secara lebih mudah.

Walaupun aplikasi ini sudah mendukung kegiatan multi-tasking, namun Anda tetap harus cermat dan bijak dalam melakukannya. Pastikan Anda menggunakan perangkat dengan spesifikasi yang mumpuni agar tidak terlalu membuat beban kerja perangkat menjadi semakin berat.

Bagaimana  Cara Download Emulator Memu Play?

Setelah mengetahui ulasan lengkap terkait dengan memu android emulator, mungkin Anda juga bertanya-tanya mengenai cara mengunduhnya. Sebenarnya, cara download emulator ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan.

Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi Memu Play dari perangkat dan kemudian mencari tombol Download. Pastikan Anda memilih file instalasi yang memang sesuai dengan perangkat yang dimiliki.

Setelah terunduh maka Anda hanya perlu melakukan instalasi seperti instal aplikasi pada umumnya. Jika proses install sudah selesai maka Anda pun bisa langsung menggunakan emulator tersebut untuk menjalankan sistem Android.

Akhir Kata

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, penggunaan emulator pun menjadi semakin banyak diminati. Sebab Anda bisa menjalankan sistem Android tanpa perlu memiliki hp Android dengan memanfaatkan emulator tersebut.

Itulah ulasan lengkap mengenai memu android emulator yang perlu Anda ketahui. Kalau Anda sedang mencari rekomendasi emulator Android dengan performa yang optimal, maka Memu Play bisa menjadi salah satu pertimbangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.