Sony Bakal Hapus Fitur Communities di PS4

Belum lama ini, sejumlah pengguna PlayStation 4 mendapatkan pemberitahuan yang dikirimkan lewat email dari pihak Sony. Pemberitahuan tersebut mengumumkan bahwa Sony bakal hapus fitur communities di PS4 beberapa waktu mendatang. Dalam pemberitahuan tersebut disebutkan bahwa layanan Communities tersebut akan mulai dihentikan pada bulan April mendatang.

Oleh karena itu, mulai dari bulan depan salah satu fitur penting pada PlayStation 4 ini tidak akan bisa lagi digunakan oleh para pengguna game konsol tersebut. Fitur ini sendiri sebenarnya sudah sempat menghilang di PlayStation 4 setelah adanya update versi 8.05 beberapa waktu yang lalu dan tidak bisa ditemukan lagi oleh sejumlah pengguna pada perangkat konsol mereka.

Sony Bakal Hapus Fitur Communities di PS4 Secara Permanen

Sony bakal hapus fitur communities

Seperti dilansir dari laman Siliconera, disebutkan bahwa fitur communities yang ada di PlayStation 4 bakal berhenti beroperasi pada bulan April 2021 mendatang. Penghapusan ini akan dilakukan secara permanen sehingga fitur penting di PlayStation 4 ini tidak akan bisa lagi digunakan oleh para pengguna game konsol besutan Sony tersebut.

Bagi Anda yang belum tahu, fitur Communities ini pertama kali diluncurkan oleh Sony pada bulan September tahun 2015 yang lalu. Kala itu, fitur ini diluncurkan seiring dengan adanya update ke versi 3.00 yang diluncurkan oleh Sony.

Fitur Communities merupakan fitur penting yang memungkinkan bagi para pemain untuk bisa membentuk party dan bermain pada beberapa game. Dengan adanya fitur ini, maka para pemain dapat membentuk suatu grup khusus sehingga para anggota grup menjadi lebih mudah dalam berkirim pesan dan berkomunikasi ketika memainkan game pada PlayStation 4.

Hingga saat ini, belum ada alasan yang dijabarkan secara lebih lanjut mengapa Sony bakal hapus fitur communities di konsol PlayStation 4. Dengan tidak adanya fitur ini, maka pemain tidak akan lagi bisa membuat grup khusus  atau party khusus ketika ingin memainkan game-game dalam konsol PlayStation 4.

Baca Juga : Siap Diluncurkan, Segini Perkiraan Harga PS5 Di Indonesia

PlayStation Store Juga Hentikan Layanan Beli Dan Sewa

Selain mengumumkan pemberitahuan mengenai penghapusan fitur communities, PlayStation juga mengumumkan bahwa layanan PlayStation Store juga tidak akan lagi menawarkan pembelian dan penyewaan film serta TV mulai 31 Agustus 2021 mendatang.

Keputusan yang diambil oleh Sony ini diambil setelah mengamati bahwa perkembangan dunia hiburan relatif cukup cepat. Terlebih dengan hadirnya sejumlah layanan serupa seperti Netflix, Youtube, Disney+, dan lain sebagainya telah membuat industri penyewaan dan pembelian film menjadi semakin ketat.

Meski demikian, para pengguna masih bisa mengakses konten-konten yang telah mereka beli sebelumnya. Namun, akses ini hanya bisa dinikmati hingga 31 Agustus 2021 mendatang. Menurut Sony, mereka akan tetap berupaya memberikan pengalaman hiburan yang lebih baik lagi di PlayStation.

Walaupun penutupan layanan sewa dan pembelian film ini dipandang sebagai sesuatu yang cukup disayangkan, namun hal ini sepertinya menjadi sesuatu yang wajar. Pasalnya, Sony lebih dikenal sebagai penyedia layanan game ketimbang penyedia layanan sewa atau bel Film dan TV.

Jangan Lewatkan : Tencent Banned 1,6 Juta Akun PUBG Mobile Karena Cheat

Demikianlah ulasan berita terbaru mengenai Sony bakal hapus fitur communities pada bulan April mendatang. Bagi sebagian penggemar game konsol besutan Sony, mungkin hal ini merupakan hal yang patut disayangkan karena tidak ada lagi grup khusus untuk berkomunikasi dengan rekan satu party. Namun, semoga saja akan ada layanan lainnya yang tidak kalah menarik untuk menggantikan fitur yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *